Minggu, 15 Mei 2016

Resep dan Peluang Usaha Kue Kembang Goyang

Sajian dari lebaran tidak hanya aneka jenis kue kering saja misalnya nastar, kue semprit, kue mawar atau kastangel, namun kue-kue tradisional juga bisa disajikan pada saat lebaran. Kue tradisional juga bisa dijadikan makanan kecil suguhan pada saat hari kemenangan atau pun untuk cemilan sehari-hari di rumah. Salah satu kue tradisional yang dapat dijadikan cemilan pada saat hari lebaran ini yaitu kue kembang goyang. Kue kering yang berasal dari Betawi ini memang jarang ditemui pada masa kini, sebab telah banyak orang yang melupakannya. Tetapi kue tradisional ini masih bisa kita temui pada saat lebaran. Kue kembang goyang menjadi suguhan yang khas untuk daerah Betawi dan kerap kali disuguhkan untuk para tamu yang sedang bersilaturahmi. Kue kembang goyang ini memang memiliki popularitas yang kian hari kian menurun dengan berkembangnya jaman munculnya aneka macam jenis kue kering. Namun dengan dengan masalah yang sedemikian rupa tidak membuat kue kembang goyang hilang begitu saja. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya masyarakat Betawi yang masih melestarikan kue tradisional ini.

        Kini telah hadir berbagaimacam variasi kue kembang goyang dengan aneka jenis rasa yang beredar dipasaran, seperti rasa gurih, rasa manis, rasa pandan, raa keju, dan masih banyak lagi rasa-rasa lainnya. Selain aneka jenis rasa yang mulai divariasikan, kue kembang goyang ini juga telah berubah bentuk dari yang dulu berbentuk bunga hingga kini menjadi beraneka bentuk yang menarik untuk dicicipi. Dengan kreasi baru ini diharapkan kue kembang goyang dapat dinikmati kembali oleh masyarakat luas. Cara pembuatan kue kembang goyang ini sangatlah mudah sebab hanya menggunakan bahan baku biasa yang sering digunakan pada resep masakan. Dengan cara pembuatan kue kembang goyang yang mudah ini membuat banyak ibu rumah tangga yang ingin mempunyai usaha sampingan di rumah. Nah, hal ini juga tidak menutup kemungkinan untuk Anda memulaimencobanya kan? Apabila Anda tertarik untuk menjajal peluang usaha dari kembang goyang maka berikut resep olahan dari kue kembang goyang.


Bahan:
200 gr tepung beras
65 gr gula pasir halus
2 butir telur
1/2 sdt garam
250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 sdm wijen
minyak secukupnya.

Cara Membuat Kue Kembang Goyang Tradisional

1. Campurkan tepung beras, gula pasir, garam dan wijen. Aduk semua bahan sampai rata.Tambahkan telur dan santan lalu aduk lagi sampai rata.
2. Siapkan cetakan kembang goyang, panaskan ke dalam minyak panas.
3. Setelah cetakan panas, celupkan cetakan ke dalam adonan lalu masukkan dalam minyak sambil digoyang–goyang sampai kue terlepas dari cetakan.
4. Goreng sampai kering dan matang kecoklatan.
5. Angkat dan tiriskan. Simpan dalam toples agar lebih awet dan tidak melempem.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar